Cute Blue Flying Butterfly

ღ SHaRiNG eVeRYTHiNG aBouT KoReaN ღ

✿ 어서 오세요. 저는 당신이 내 블로그를 좋아 바랍니다. 감사합니 ✿

Mengenal Ginseng melalui Geumsan Insam

Ginseng adalah ikon Korea Selatan yang sudah dikenal dunia. Disini pulalah ginseng menjadi bahan makanan yang dianggap mempunyai manfaat kesehatan yang tinggi. Anda, bisa mengenali lebih jauh manfaat ginseng di Geumsan Insam atau Festival Ginseng yang digelar di kabupaten Geumsan, provinsi Chungcheongham-do.

Geumsam merupakan produsen ginseng terbesar di Korea Selatan. Festival ini diadakan untuk mempromosikan manfaat ginseng ke masyarakat luas, dan juga turis mancanegara. Pada awalnya ginseng hanya dikenal sebagai bahan untuk obat, namun seiring dengan perkembangan jaman, kita bisa menemukan makanan-makanan lezat yang terbuat dari ginseng seperti teh dan kue. Dengan semakin populernya ginseng, bahan ini kemudian menjadi bisa ditemui tidak hanya di Korea namun juga negara-negara lain. Ada sekitar enam hingga tujuh jenis ginseng yang dikenal di seluruh dunia. Namun yang dibudidayakan di Korea dan tentu saja di Geumsam adalah Goryeo Insam. Ginseng yang dibudidayakan di Korea ini adalah ginseng dengan kandungan yang paling baik dibandingkan tanaman serupa yang tumbuh di negara lain.


Nah, di festival yang sudah digelar selama lebih dari 29 tahun ini kita akan melihat segala sesuatu yang berhubungan dengan ginseng, termasuk pameran perdagangan internasional dan obat-obatan tradisional. Dari festival ini diharapkan masyarakat semakin memahami kegunaan ginseng bagi kehidupan. Sedikitnya ada 7 manfaat ginseng yang bisa rasakan. Yakni, ginseng dapat digunakan sebagai ramuan antidpresan dan anti-kecemasan. Dalam situasi stress, ginseng dapat menyeimbangkan tingkat adrenalin. Ginseng juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan saraf serta membantu merangsang orang agar tetap muda. Bagi penderita diabetes, ginseng dapat menurunkan tingkat gula darah. Ternyata ginseng juga dapat mencegah perkembangan kanker. Ya, pertumbuhan jenis tertentu dari sel-sel kanker dapat dihambat dengan ginseng. Bahkan dalam Chinese Medicine Journal disebutkan bahwa ginseng memiliki efek anti tumor. Tumbuhan ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Hal tersebut terlihat dalam beberapa penelitian yang menemukan bahwa ginseng dapat menurunkan kolesterol jahat. Manfaat umum ginseng yang banyak dirasakan oleh masyarakat pada umumnya adalah mengurangi kelelahan pada tubuh dan meningkatkan daya tahan serta stamina. Yang terakhir ini sangat berguna bagi para atlet yang kerap mengikuti even-even perlombaan.


Tidak hanya memamerkan ginseng, festival ini juga menggelar kontes memasak ginseng, lomba marathon, kontes bernyanyi, menggambar, dan masih banyak lagi. Festival tahunan yang biasanya dihelat pada bulan September ini memang menyatukan semua warga Geumsan untuk berkumpul dan turut andil dalam pameran ginseng terbesar ini. Tidak itu saja, festival ini juga tidak kalah seru dnegan Hi Seoul Festival karena ternyata banyak juga turis asing yang tertarik ingin mengenal ginseng. Anda pun bisa menjadi salah satu dari mereka yang mengunjungi gelaran ini, apalagi ginseng sangat cocok dikonsumsi untuk penduduk dengan alam tropis seperti Indonesia.

Untuk mencapai tempat ini, dari Seoul  Anda bisa naik bus menuju Geumsan dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Setelah sampai di Terminal Geumsan, Anda bisa berjalan kaki selama menit menuju tempat dimana festival itu diadakan.



credit :: korea.panduanwisata

No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...