Cute Blue Flying Butterfly

ღ SHaRiNG eVeRYTHiNG aBouT KoReaN ღ

✿ 어서 오세요. 저는 당신이 내 블로그를 좋아 바랍니다. 감사합니 ✿

10 Tips Agar Tampak Seperti Penduduk Korea

Menjadi pendatang di sebuah negara terkadang akan mendatangkan pengalaman-pengalaman yang lucu namun seru. Setidaknya Anda harus belajar kebiasaan-kebiasaan warga setempat. Nah, bagaimana jika Anda akan bermukim dalam waktu yang cukup lama di Korea Selatan ? Ada hal-hal baru yang harus kita pelajari. Dengan mengetahui seluk beluk kehidupan negeri gingseng berikut  orang akan mengira Anda sudah tinggal lama di sini.

10. Cara berkomunikasi

Hal yang harus Anda lakukan pertama kali menginjakkan kaki di Korea adalah mengunduh aplikasi chatting Kakao Talk yang digunakan mayoritas penduduk setempat. Saking populernya Kakao Talk hingga muncul kata-kata ‘katalk me’ yang berarti ‘aku menyukaimu! Mari berteman dan ngobrol’. Masyarakat Korea juga sering sekali memperbarui tampilan foto profile baik di Kakao Talk maupun Facebook. Sementara itu, jika suatu saat Anda menelpon seseorang dan ia tak menjawab, jangan terburu-buru untuk mengirimkan pesan agar segera menghubungi Anda kembali. Panggilan Anda tidak dijawab mungkin karena nomor telepon kita tak ia kenal. Jadi lebih baik perkenalkan diri dulu sebelum menelpon.

9. Bagaimana cara berjalan di tengah keramaian

Saat berada di tengah-tengah ruang publik selalu berjalanlah di sebelah kanan. Ya, sama persis seperti saat mengendarai kendaraan. Misalnya, kita sedang berdiri di eskalator, maka cara yang paling baik adalah dengan berada di sisi kanan.

8. Bagaimana cara berjalan saat menaiki tangga

Sangat tidak disarankan menggunakan rok mini yang super ketat dalam berbagai suasana. Pemandangan seperti ini memang mungkin sering Anda lihat di serial drama Korea, namun jangan mencobanya di dunia nyata. Atau jika memang sedang memakai rok mini, terutama saat menaiki tangga lebih baik letakkan tas Anda di belakang pantat. Hal ini barangkali sedikit aneh, tapi percayalah cara tersebut yang paling baik jika tidak ingin dikira wanita nakal.

7. Bagaimana cara makan

Kebanyakan makanan di Korea disajikan dalam mangkuk yang besar. Jika Anda makan bersama beberapa orang sekaligus, maka masing-masing orang akan mencelupkan sumpit mereka ke mangkuk tersebut. Ya, jarang sekali melihat orang Korea makan di piringnya masing-masing. Mereka akan melahap makanan dari sumpit kemudian mencelupkan sumpit yang sama kembali hingga suapan yang terakhir. Jijik dengan cara ini ? jika ingin protes urungkan niat Anda jika tak ingin malu.

6. Bagaimana cara membayar

Bagaimana dengan aturan membayar ? Jika kita sedang makan bersama maka orang yang berumur paling tua-lah yang akan membayar. Bila Anda termasuk paling muda diantara mereka, tak perlu menawarkan diri untuk membayar semua tagihan. Menyenangkan bukan ?

5. Kebiasaan minum

Penggemar K-drama tentu tak asing lagi dengan adegan orang-orang Korea yang mabuk dijalanan hingga harus dipapah ke taksi agar sampai di rumah dengan selamat. Ya, begitulah yang terjadi di kenyataan. Mereka minum seperti tak  ada lagi hari esok. Mabuk hingga tak bisa berjalan tegak bukanlah hal yang memalukan. Minuman yang pertama diteguk biasanya yang memiliki kadar alkohol rendah dan kemudian meningkat ke kadar yang semakin tinggi.

4. Bagaimana cara menyapa

Ingin mendapatkan harga yang murah untuk makanan atau barang yang Anda beli ? panggilah sang penjual dengan kata ‘ajumma atau imo’. Nah, tanda bahwa Anda sudah ‘dianggap’ menjadi warga Korea adalah jika orang yang menelpon Anda tak lagi memanggil dengan nama. Orang (perempuan) yang lebih tua biasa dipanggil ‘unni’ sedangkan untuk pria ‘oppa’. Praktekkan cara menyapa seperti itu dan Anda akan mendapatkan senyuman manis dari mereka.

3. Bagaimana agar terlihat seperti ‘vampir’

Judul diatas mungkin terdengar aneh, namun orang Korea memang lebih menyukai kulit pucat – seperti vampir -  dari pada gelap. Itu sebabnya mereka sangat khawatir dengan siraman sinar matahari. Beberapa produk kosmetik di Korea juga mendukung konsep cantik dan ganteng ini. Perempuan ataupun laki-laki Korea gemar membeli kosmetika untuk menjaga kulit pucat mereka. Kulit pucat saja belum cukup. Mereka juga menyukai pemakaian lensa kontak agar mata terlihat lebih lebar.

2. Makanan pedas

Kemampuan untuk makan hidangan pedas adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan respek dari teman-teman Anda  yang berkebangsaan Korea. Makanan pedas yang bisa dikonsumsi adalah buldak atau sering disebut dengan ‘fire chicken’. Setelah lidah Anda terbakar pedas, minumlah susu untuk menetralisir rasa tersebut. Mudah bukan ?


1. Bagaimana agar selalu tampil prima

Ada dua rumus tentang penampilan di Korea. Pertama ; be prepared for pain, kedua; the pain is worth it.  Wanita Korea senang sekali menggunakan stiletto (sepatu hak tinggi) sama seperti kita yang menyukai sandal jepit. Tidak hanya itu, mayoritas warga Korea sudah melakukan operasi plastik. Cara agar Anda tidak terlihat seperti orang asing adalah dengan tidak kaget yang berlebihan jika melihat papan iklan operasi plastik yang bertebaran dimana-mana. Lebih dari itu, Anda juga sebaiknya tidak berkomentar jika melihat tampilan seseorang sebelum dan setelah dipermak.

Nah, itulah 10 hal yang harus Anda lakukan jika tidak ingin terlihat seperti orang asing di Korea Selatan. Tertarik mencoba ?

credit :: korea.panduanwisata

No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...