Cute Blue Flying Butterfly

ღ SHaRiNG eVeRYTHiNG aBouT KoReaN ღ

✿ 어서 오세요. 저는 당신이 내 블로그를 좋아 바랍니다. 감사합니 ✿

Menjadi Presiden Sehari di Cheong Wa Dae

Ingin merasakan menjadi Presiden Korea Selatan? Berkunjunglah ke Cheong Wa Dae.


Cheong Wa Dae adalah kantor kepresidenan sekaligus juga kediaman resmi presiden. Dari tempat inilah, presiden mengendalikan negara dan menjamu tamu kehormatan dari bangsa lain.

Cheong Wa Dae dalam bahasa Inggris berarti “Blue House”. Ya, sesuai dengan namanya, genting bangungan ini berwarna biru yang dibentuk dari 150 ribu genting, sehingga dari kejauhan warna inilah yang tampak paling menonjol. Cheong Wa Dae berada di utara , tepatnya di kota Seoul. Cheong Wa Dae terdiri dari the main office, guest house (yeongbingwan), spring and autumn pavilion (chungchugwan), green grass (nokjiwon), rose of sharon (the mugunghwa valley), the seven palaces. Daya tarik Cheong Wa Dae adalah bangunanya yang indah serta arsitektur tradisional Korea yang mendominasi. Disini Anda akan melihat ruang chungchugwan dimana presiden biasanya melakukan konferensi pers. Ruangan ini dekat dengan sebuah lapangan terbuka dengan beberapa helipad. Chungchugwan mempunyai atap dari genteng tanah yang unik. Di sisi kiri dari main office, kita akan melihat yeongbingwan yang biasa digunakan untuk menggelar acara resmi seperti menerima perwakilan dari negara sahabat. Ruangan ini sangat mewah dengan 18 pilar penyangga. Sayangnya, Anda tidak boleh mengabadikan tempat ini.

Melangkah ke area lainnya, Anda akan melihat nokjiwon yakni tempat yang ditanami pohon-pohon. Setiap pohon merupakan tanda terhadap sebuah peristiwa penting atau peringatan. Yang paling terkenal di nokjiwon adalah pohon yang sudah berusia lebih dari 310 tahun. Selanjutnya adalah mugunghwa. Mugunghwa adalah taman yang dihiasi bunga berwarna-warni, air mancur dan patung phoenix. Jika Anda mengunjugi istana kepresidenan ini pada bulan Juli dan Oktober, Anda akan melihat bunga-bungan bermekaran menambah indahnya suasana. Presiden juga kerap mengumpulkan semua cinderamata yang ia peroleh setiap melawat ke luar negeri maupun saat menerima tamu kenegaraan.  Cinderamata tersebut disimpan di hyoja-dong sarangbang.

Setelah puas melihat interior istana, Anda juga akan dimanjakan dengan fasilitas lainnya di luar Blue House. Yang tak boleh Anda lewatkan adalah Sarangche Cheong Wa Dae yakni museum presiden yang memuat tetnang sejarah masa lalu Korea serta kondisi negara saat ini dan harapan di masa mendatang. Museum ini dibuka sejak 5 Januari 2010 dan terdiri dari 2 lantai pameran. Uniknya, museum ini dirancang sangat ramah lingkungan dengan lebih banyak memanfaatkan penggunaan energi matahari dan panas bumi. Di museum ini ada 5 ruang pameran, toko souvenir dan sebuah restoran kecil. Lantai dasar museum dibagi menjadi 2 ruangan. Ruangan The Republic of Korea Hall menunjukkan kepada pengunjung tentang Korea, beberapa tokoh yang paling terkenal dalam sejarah Korea termasuk juga tentang budaya Korea. Seperti tentang makanan, pakaian, arsitektur dan musik. Ruangan kedua yakni The “Hi Seoul Hall” memberikan informasi tentang tempat bersejarah di Korea dan titik-titik yang populer di Seoul.

Lantai kedua dari Sarangchae terdiri dari 4 ruang pameran. Berisi hal-hal yang berhubungan dengan posisi Korea Selatan di dunia internasional, termasuk menampilkan ruang tiruan G-20, dimana Korea menjadi salah satu negara anggotanya. Kita juga bisa mendapatkan keterangan tentang beberapa kebijakan presiden Korea serta miniatur istana kepresidenan. Jika sudah puas melihat berbagai pameran tentang sejarah Korea, Anda bisa membeli souvenir di lobby untuk oleh-oleh sanak saudara di rumah. Di toko souvernir ini menyediakan barang-barang yang berhubungan dengan Seoul dan Korea Selatan termasuk kartu pos dan buku.

Lingkungan sekeliling istana ini sangat indah. Selain bisa mengunjungi Istana Gyeongbokgung yang sangat tradisional, kita juga bisa menengok Hyundai Galeri, Galeri Geumho dan beberapa galeri serta kafe lainnya. Oya disekitar kawasan ini juga ada Samcheong Park.

Agar dapat melihat-lihat dari dekat kediaman presiden ini, kita bisa melakukan reservasi 10 hari sebelumnya melalui email ke tour@president.go.kr maupun surat biasa. Pastikan di reservasi, Anda sudah menuliskan data-data penting seprti pilihan tanggal dan waktu yang dipilih untuk berkunjung, nama lengkap, tangggal lahir, kebangsaan, nomor pasport, dan informasi kontak yang bisa dihubungi.  Tur istana kepresidenan dibuka tiap Selasa hingga Sabtu dengan tiga sesi kunjungan yakni pukul 10.00, 11.00, 14.00 dan 15.00.

Jika berniat mengunjungi Cheong Wa Dae, Anda harus menuruti beberapa peraturan yang sudah ditetapkan, misalnya tentang larangan mengambil gambar. Hanya beberapa ruang saja yang boleh diabadikan, selebihnya Anda hanya diizinkan melihat saja. Jika nekat mengeluarkan kamera di area terlarang, petugas tidak akan ragu untuk merampasnya. Namun jangan khawatir, Anda tetap diperbolehkan untuk berfoto di depan istana. Dengan latar belakang blue house, rasa-rasanya semua orang akan percaya jika Anda memang benar-benar pernah mengunjungi istana kepresidenan bukan?. Agar dapat mendapai tempat ini, Anda bisa naik subway jalur 1 dan 2 menuju City Hall Station dan keluar melalui pintu exit nomor 7.  Dari City Hall Station, Anda harus meneruskan perjalanan dengan naik bus, turun tepat di depan city hall.

Beberapa destinasi wisata lain yang bisa Anda kunjungi selama di Seoul adalah Seoul Forest dan berbelanja di I’Park Mall.

credit :: korea.panduanwisata

No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...