Cute Blue Flying Butterfly

ღ SHaRiNG eVeRYTHiNG aBouT KoReaN ღ

✿ 어서 오세요. 저는 당신이 내 블로그를 좋아 바랍니다. 감사합니 ✿

Tips Berbelanja di Korea


Korea tidak hanya menyediakan keindahan alam dan budaya tetapi juga surga belanja. Berwisata ke Korea tanpa berbelanja akan membuat liburan Anda hampa. Nah, sebelum membelanjakan uang, sebaiknya Anda mengetahui tips apa saja yang harus ketahui agar wisata belanja Anda makin asyik.

Tidak seperti negara-negara lain, warga Korea termasuk para penjualnya tidak mahir berbahasa Inggris. Mereka bahkan tidak menguasai percakapan dasar seperti yang sering diajarkan di sekolah-sekolah tingkat menengah di Indonesia. Para pedagang di Itaewon mungkin menjadi pengecualian. Berbelanja di Itaewon sedikit relatif mudah karena di kawasan ini bermukim banyak orang asing. Nah, hambatan bahasa di Korea ini bisa Anda siasati dengan membawa kalkulator saat transaksi dilakukan. Namun tidak ada salahnya Anda belajar sedikit bahasa Korea untuk membalas ucapan penjual seperti “anyeong hasseyo” yang artinya selamat pagi, siang, sore atau malam. “eolmajyo” artinya harganya berapa? Dan “gamsa Hannida” artinya terimakasih.

Kendati terdapat banyak kesulitan bahasa, namun bukan berarti berbelanja di Korea kurang menyenangkan. Pedagang di Korea tidak rewel terhadap jenis mata uang. Mereka menerima mata uang dollar (tidak dalam rupiah). Hal ini memudahkan turis asing sehingga tidak perlu menukar uang kedalam Won terlebih dulu. Jika ingin menukar uang, Anda bisa melakukannya di bank. Bank di Korea beroperasi pukul 9 pagi hingga 4 sore setiap Senin hingga Jumat. Layanan penukaran uang juga bisa Anda temukan di Pasar Nandaemun dan Itaewon.  Sedangkan ATM hampir bisa ditemukan di semua toko besar namun Anda tidak akan menemukan layanan dalam bahasa Inggris. Saat berbelanja ke toko-toko kecil, usahakan membawa uang tunai karena mereka tidak menerima kartu kredit atau ATM.

Beberapa toko kecil juga tidak melayani pengembalian barang yang sudah dibeli. Sedangkan untuk toko besar kebanyakan mereka menerima pengembalian barang apabila ditemukan kerusakan pada item yang sudah terlanjur dibeli. Yang juga perlu diketahui adalah beberapa pedagang baju di negeri ini tidak memperbolehkan kita mencoba baju , sehingga Anda harus berhati-hati saat memilih pakaian.

Dalam berbelanja kita juga harus paham jam operasional toko-toko disini, agar bisa mengatur jadwal dengan kunjungan ke lokasi wisata lainnya. Kebanyakan toko di Korea buka hingga pukul 10 malam, kecuali untuk pasar Dongdaemun yang buka 24 jam. Sedangkan toko dan butik di kawasan Myeong-dong dan Insa-dong juga tutup pada jam 10 malam.

Sama seperti toko di Indonesia yang biasanya menggelar diskon pada lebaran dan akhir tahun, Korea pun memiliki periode diskon. Toko-toko biasanya memulai diskon pada bulan Juni-Agustus dan Desember-Februari. Sedangkan departemen store mempunyai periode diskon pada Januari, April, Juli, Oktober dan Desember. Pasar Nandaemun, Dongdaemun dan pasar lainnya biasanya pada awal Juli dan pertengahan Januari. Pada musim panas dan musim dingin, diskon beberapa toko di Korea berkisar hingga 20-30 %.

Selain masalah jam operasional dan periode diskon, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah tentang sistem pengukuran. Misalnya untuk ukuran sepatu, nomor 235 untuk ukuran 36, 240 untuk nomor 37 dan 245 untuk nomor 38. Pada prinsipnya kebanyakan ukuran dibuat dalam sentimeter kecuali untuk ukuran pinggang yang menggunakan inci. Sedangkan untuk sepatu menggunakan milimeter.

Dengan mengetahui sebanyak mungkin informasi mengenai tips dan trik berbelanja di Korea , maka wisata belanja Anda akan semakin menyenangkan. Jangan lupa membawa oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

Pusat oleh-oleh dan belanja yang harus Anda kunjungi selama liburan ke negeri Kimchi ini adalah pasar Dongdaemun, Insa-dong dan Myeong-dong.

No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...