Cute Blue Flying Butterfly

ღ SHaRiNG eVeRYTHiNG aBouT KoReaN ღ

✿ 어서 오세요. 저는 당신이 내 블로그를 좋아 바랍니다. 감사합니 ✿

Bentuk kalimat akan datang / -ㄹ/을 거예요, 할 거예요

Selamat Datang di Level 2!! Dan selamat Anda telah melalui Level 1. Pada pelajaran ini, kita akan belajar bagaimana berbicara tentang bentuk kalimat masa depan dalam bahasa Korea.
Bentuk kalimat akan datang (future tense)
Cara yang paling umum untuk membuat kalimat future tense dalam bahasa Korea adalah menambahkan ㄹ / 을 거예요[L / eul geo-ye-yo].
Kata kerja + ㄹ / 을 거예요 = masa depan!
Cara menentukan apakah akan menggunakan ㄹ 거예요 atau 을 거예요:
1. Kata kerja dasar berakhiran dengan vokal (보다, 가다, 자다) diikuti oleh ㄹ 거예요.
2. Kata kerja dasar berakhiran dengan konsonan (먹다, 찾다, 붙다) diikuti oleh 을 거예요.
(** Tidak ada aturan yang mengikat Hanya saja untuk kemudahan pengucapan..)
3. Pengecualian: Kata kerja dasar berakhiran dengan konsonan ㄹ pada akhir (놀다, 멀다, 살다) adalah diikuti hanya dengan 거예요.
Ketika kata kerja berubah menjadi bentuk ini, berarti “yang akan “akan” melakukan sesuatu. Tetapi dalam kontek percakapan sehari hari, present tense juga dapat berfungsi untuk mengekspresikan masa depan, ketika konteksnya adalah sangat jelas.
Misalnya, “Aku akan pergi besok.” Adalah 내일 갈 거예요. di masa depan. Tetapi jika Anda mengatakan 내일 가요. dalam waktu sekarang, masih masuk akal, tergantung pada situasi.
Contoh
가다 [ga-da] = pergi
가 + ㄹ 거예요. [ga+ l geo-ye-yo]
-> 갈 거예요. [Gal geo-ye-yo] = aku akan pergi. Aku akan pergi.
지금 갈 거예요. = Aku akan pergi (ke sana) sekarang.
혼자 갈 거예요. = Aku akan pergi sendiri.
내일 갈 거예요. = Aku akan pergi besok.
하다 [ha-da] = melakukan
하 + ㄹ 거예요. [ha + l geo-ye-yo]-> 할 거에요. [Hal geo-ye-yo]
뭐 할 거예요? = Apa yang akan Anda lakukan?
언제 할 거예요? = Kapan anda akan lakukan (itu)?
이거 정말 할 거예요? = Apakah Anda benar-benar akan melakukannya?
입다 [ip-da] = memakai
입 + 을 거예요. [Ip + eul geo-ye-yo]-> 입을 거예요. [I-beul geo-ye-yo]
청바지 입을 거예요. = Aku akan memakai celana jins biru.
티셔츠 입을 거예요. = Aku akan memakai t-shirt.
뭐 입을 거예요? = Apa yang akan anda pakai
만나 + ㄹ 거예요. [man-na+ l geo-ye-yo]-> 만날 거예요. [man-nal geo-ye-yo]
누구 만날 거예요? = Siapa yang akan Anda temui?
어디 에서 만날 거예요? = Di mana Anda akan bertemu?
언제 만날 거예요? = Kapan anda akan bertemu?
팔다 [pal-da] = menjual
만나다 [man-na-da] = bertemu
팔 + 거예요. [pal geo-ye-yo]-> 팔 거예요. [pal geo-ye-yo]
뭐 팔 거예요? = Apa yang akan Anda jual?
어디 에서 팔 거예요? = Di mana Anda akan menjual?
얼마 에 팔 거예요? = harga berapa anda akan menjualnya?

No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...